Kisah Kyai Pamungkas: Misteri Sungai Ciputri dan Goa Bojong

0
251

Kisah Kyai Pamungkas:
MISTERI SUNGAI CIPUTRI & GOA BOJONG

Entah kenapa, mulut ceruk yang hanya berdiameter 2,5 m dan memiliki kedalaman sekitar satu meter ini disebut dengan Goa Bojong. Agaknya, hal ini disebabkan karena letak goa tersebut berada di tepi sungai Ciputri, yang membelah langsung kampung Bojong, Rajagaluh, Majalengka…

Menurut sumber paranormal-indonesia.com, Goa Bojong sudah amat terkenal keangkerannya. Para penunggunya pun terkenal jahil, bahkan tak jarang suka memakan korban nyawa dari orang-orang yang nekad untuk menentang dan menantangnya. Dan sampai sekarang kewingitan Goa Bojong yang lebih dikenal dengan sebutan Goa Siluman ini masih tertanam kuat di hati masyarakat Rajagaluh dan sekitarnya.

Hampir tiap hari, para penduduk yang rumahnya berdekatan dengan sungai Ciputri sering mendengar berbagai suara aneh.

“Suara itu sangat menakutkan. Kita seolah tersedot ke dalam suatu tempat yang paling sunyi dan amat mencekam. Kendati begitu, untungnya, mereka tidak mengganggu kedamaian hidup kami,” tutur Budi, 26, salah seorang warga yang mengaku paham akan seluk-beluk Goa Bojong yang angker itu.

Menurutnya, Goa Bojong merupakan istana siluman yang paling tua dan pernah ada serta merajai seluruh kerajaan siluman di seantero wilayah Selatan Desa Rajagaluh. Bahkan, berdasarkan keterangan paranormal setempat, di sepanjang kali Ciputri yang alirannya menembus sampai ke Sungai Ciwaringin-Cirebon terdapat sebuah istana lelembut dari seorang peri yang cantik dan sakti mandraguna.

“lstana dan singgasana sang Ratu Peri itu terdapat di Goa Bojong. Dan dari situlah ia memimpin balatentaranya yang berjumlah ribuan,” jelasnya sambil tak lupa menyebutkan bahwa di mulut goa itu berdiri sebatang pohon nangka yang sudah berumur ratusan tahun. Satu pohon yang juga dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

Keangkeran di sekitar goa yang satu ini memang tidak alang kepalang. Jika menjelang maghrib, Budi bahkan acap melihat seekor angsa berbulu putih di atas batu. Dan begitu Budi melangkahkan kaki untuk mendekat, angsa itu hilang entah kemana. Dan sewaktu kami tiba di hulu sungai, Budi pun kembali melanjutkan celotehnya. Ternyata, ia juga pernah mendengar suara layaknya pedang sedang beradu. Mirip dalam latihan silat. “Arah suara itu persis dari mulut goa yang angker itu,” jelasnya kepada paranormal-indonesia.com sambil menunjuk ke arah goa.

Walau sepintas tampak biasa-biasa saja, tetapi paranormal-indonesia.com dapat merasakan pancaran hawa mistik yang demikian keras dari dalamnya. Bahkan pada saat yang bersamaan, paranormal-indonesia.com berhasil mengadakan kontak batin dengan salah satu penunggunya. Seorang punggawa bersosok raksasa yang mengaku bernama Ki Burikso ljo dan telah menjalani tugas sebagai abdi Nyi Ratu Kunti selama 700 tahun. “Aku ditugasi untuk mengawasi aliran kaIi Ciputri. Dan aku yang menyuruh seluruh prajurit untuk memperingatkan segenap manusia agar tidak berbuat macam-macam sewaktu berada di daerah kekuasaanku,” ujarnya tegas kepada paranormal-indonesia.com.

Lebih jauh lagi dikatakan, “Dan aku akan bertindak lebih keras lagi kepada siapa saja yang berani mengusik ketenangan kaum kami!”

Agaknya, inilah yang membuat kenapa warga masyarakat terkadang melihat sosok dengan wujud yang teramat menyeramkan. Sebenarnya ini hanyalah salah satu bentuk peringatan, agar kedepan manusia tak lagi mengulangi perbuatannya yang tak senonoh di sepanjang kali Ciputri.

“Hal itu disebabkan karena sampai sekarang masih banyak orang yang membuang tali ari-ari bayi ke sungai,” jawabnya, ketika ditanyakan seputar berbagai fenomena ganjil yang acap dilihat oleh warga sekitar.

“Tali ari-ari bayi itu membuat kami betah, tinggal di sini. Sebab benda itu termasuk makanan kesukaan kami. Bahkan, benda itulah yang membuat kami bisa leluasa bergerak. Termasuk punya kekuatan untuk menampakkan wujud ke hadapan manusia,” imbuhnya diakhir dialog.

Keterangan ini dibenarkan Ibu Eti, 32, sejak dulu, masyarakat setempat selalu melarung tali ari-ari bayinya ke sungai ini.

“Saya tidak tahu jika tindakan itu salah. Maklum, kami orang desa. Jadi cuma manut omongan orang tua saja. Apalagi kebiasaan ini sudah berlangsung sejak lama. Sejak saya masih kecil. Padahal katanya buat keselamatan si jabang bayi agar dia tidak diganggu makhluk halus,” tuturnya kepada paranormal-indonesia.com di kediamannya yang letaknya berdampingan dengan kali Ciputri dan Goa Bojong.

Menyikapi hal itu, tampaknya warga Bojong tak bisa berbuat banyak. Pasalnya, nyaris tak ada yang berani untuk menetralisir kewingitan sekitar Goa Bojong. “Bukan kami tak ada usaha ke arah itu. Bahkan berbagai cara sudah kami lakukan, termasuk meminta bantuan jasa paranormal baik lokal maupun luar daerah. Namun apa daya, tak ada seorang pun di antara mereka yang mampu. Bahkan ada pula yang terancam keselamatan jiwanya. Dan suasana sekitar goa pun jadi bertambah sangar. Pokoknya, tiap kami ada usaha ke arah itu, malamnya, tak ada seorang pun di antara warga yang dapat tidur nyenyak. Telinga mereka terganggu oleh suara aneh dan mengerikan. Mulai dari tawa kuntilanak sampai dengan angin puting beliung yang menderu-deru. Entah sampai kapan keadaan ini akan berakhir,” ungkap Sukri. Tetangga dekat ibu Eti yang sejak tadi diam.

Menurut Kyai Pamungkas, paranormal asal Condet Jakarta Timur, tak sembarang orang bisa menjamah tempat yang satu itu. Apalagi para pendatang. “Bagi yang tak paham dengan situasi Goa Bojong dan wilayah kekuasaan Ielembut kali Ciputri, mereka pasti akan menjadi santapannya. Jika tidak sakit mendadak, ya nyawa mereka melayang. Ini fakta, bukan mengada-ada,” ‘ ujarnya dengan nada prihatin.

Keterangan Kyai Pamungkas diperkuat oleh berbagai sumber yang berhasil ditemui paranormal-indonesia.com di lapangan. Sampai sekarang entah sudah berapa puluh nyawa warga pendatang yang melayang akibat ulah siluman penghuni Goa Bojong. Dan kebanyakan, mereka tewas dalam keadaan yang mengenaskan akibat lupa waktu ketika mandi di kali Ciputri. Anehnya, walau keadaan korban bersimbah darah, tetapi tak ada setitikpun luka diketemukan di tubuhnya.

Hal ini terjadi pada putri Mak Asih yang belum lama mukim di daerah itu. Sebagaimana lazimnya anak yang baru menginjak usia 5 tahun, sore itu, ia mandi di kali Ciputri. Mujur tak dapat diraih dan malang tak dapat ditolak. Akibat lupa waktu, gadis kecil yang tak berdosa itu harus mengalami nasib yang tragis. “Menurut pengakuan paranormal yang saat itu ikut mengambil jasad korban, ada hal aneh terjadi pada diri anak itu. Walau jasadnya berlumuran darah, tetapi tak ada Iuka barang setitik pun ditubuhnya. ltu pasti ulah siluman Goa Bojong yang tak suka dengan kehadiran orang asing,” papar Budi.

Hal yang hampir sama juga terjadi pada Monod, sahabat Kyai Pamungkas. Sebelum wafat, ia terserang oleh penyakit aneh. Karena tak tertolong, pak Monod pun meninggalkan dunia yang fana ini. Dan menurut penerawangan batin Kyai Pamungkas, roh temannya dibawa ke alam lelembut dan diasuh oleh penghuni gaib Goa Bojong.

Berdasarkan kenyataan itu, akhirnya, Kyai Pamungkas berkesimpulan bahwa Goa Bojong dan kali Ciuputri tak mungkin bisa dirambah oleh sembarang orang. Khususnya para pendatang. Kyai Pamungkas juga menghimbau kepada segenap warga untuk tidak mudah terpancing oleh fenomena ganjil yang acap diperlihatkan oleh penghuni gaib Goa Bojong. Goa yang diyakini juga menyimpan berbagai pusaka peninggalan Prabu Cakraningrat sosok yang mampu menaklukkan ribuan pasukan dan berbagai kerajaan siluman yang sudah meninggal dunia berabad Ialu.

“Kejadian tragis menimpa salah seorang teman saya,” imbuh Kyai Pamungkas. Mulanya, ia amat bernafsu untuk memiliki sebilah kujang yang dilihatnya waktu mandi tengah malam di kali Ciputri. Karena tak mampu mengendalikan diri, akhirnya ia nekat menghampiri pusaka yang tetancap di depan pintu goa. Dan apa yang terjadi? “Ternyata ia menangkap seekor ular. Bukan kujang. Akibatnya. sang ular mematuk tangannya. Setelah itu ia jatuh sakit dan nyawanya tak tertolong lagi,” lanjutnya menutup pembicaraan. ©️KyaiPamungkas

Paranormal Terbaik Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here